Cari Tahu Nilai Harga Tanah di Sini

Tanah adalah properti yang semakin lama nilainya semakin naik. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan penduduk yang cukup cepat dibandingkan dengan ketersediaan tanah untuk kawasan pemukiman. Selain itu juga dibatasi oleh peraturan-peraturan yang ada tidak membolehkan sebidang tanah dengan fungsi tertentu dialihkan untuk fungsi lainnya, seperti pengalihan tanah pertanian produktif untuk pemukiman atau untuk fungsi lainnya.

Bagi Anda yang mencari tanah, tentu harga nilai tanah menjadi salah satu pertimbangan utama, selain faktor lokasi, infrastruktur, kondisi dan lain sebagainya. Cara yang biasanya dilakukan mungkin dengan mensurvey langsung tanah di kawasan yang menjadi target atau mencari melalui situs-situs promosi atau iklan online.

Namun tahukan Anda? Saat ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web GIS dimana kita dapat mencari tahu harga nilai tanah di suatu daerah, serta informasi lainnya seperti jenis hak tanah, lokasi transaksi dan status pendaftaran tanah. Untuk sementara data-data yang lengkap masih terdapat di Pulau Jawa seperti Jakarta dan Jawa Tengah.


Jika ditinjau dari sisi fitur, memang aplikasi ini masih sederhana dan kalau boleh dibilang masih minim fitur. Dalam aplikasi ini kita dapat melihat sebaran persil tanah. Properti persil tersebut seperti nilai tanah dan jenis hak ditampilkan dalam legenda yang dibedakan dengan simbolisasi warna. Hal ini terkadang sedikit menyulitkan terutama bagi pengguna yang tidak terlalu sensitif dengan perubahan gradasi warna atau penderita buta warna. Mungkin jika ada fitur informasi tool (info tool) akan sangat membantu pengguna untuk mengetahui informasi dari persil tertentu. Namun sebagai masyarakat umum ketersediaan aplikasi ini sangat kita hargai dan mengharapkan BPN terus menambah fitur aplikasi ini dan  melengkapi data-datanya untuk seluruh Indonesia.
Bagi Anda yang penasaran untuk melihat aplikasi peta dari BPN dapat mengunjunginya di https://bhumi.atrbpn.go.id/
Gambar Tampilan Peta Online BPN

Gambar Tampilan Peta Online BPN

Selain itu, informasi harga tanah dapat dilihat juga di xproperti. Jika harga tanah di laman BPN hanya berupa nilai zonasi harga tanah yang secara aktual cukup berbeda dengan harga sebenarnya di lapangan. Maka xproperti memberikan perkiraan harga tanah aktual berdasarkan permodelan data-data listing harga tanah dari berbagai sumber. Untuk saat ini xproperti baru membuat peta harga tanah untuk Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Semoga ke depannya akan tersedia peta harga tanah untuk kota-kota lainnya.

Gambar di bawah ini menunjukkan peta harga tanah dari xproperti untuk Kota Jakarta.

Peta harga tanah Jakarta

 

                 

Related Posts

Disqus Comments