Download Peta Rupa Bumi Indonesia(RBI) di INA Geoportal

Terkadang kita bingung untuk mendapatkan data rupa bumi sebuah daerah. Tak terpikirkan tuntutan pekerjaan kadang-kadang membawa kita ke tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi dan tidak kita miliki datanya. Salah satu data spasial yang sangat penting yang selalu dibutuhkan oleh orang-orang yang berkerja dalam dunia spasial adalah data peta rupa bumi. Ya tentu saja, karena peta rupa bumi atau disebut juga peta topography seperti cerminan permukaan bumi yang berusaha memvisualisasikan kondisi permukaan bumi seperti bentuk aslinya. Dalam peta rupa bumi dapat ditemui segala unsur alam dan buatan manusia. Unsur-unsur alam seperti sungai, tutupan lahan, ketinggian, gunung dan lain sebagainya. Sedangkan unsur buatan manusia umumnya berupa jalan, bangunan, waduk, bandar udara dan lain sebagainya. Lebih dari itu di dalam peta rupa bumi dijumpai pula unsur-unsur imajiner yang tidak terlihat di dunia nyata, seperti garis batas administrasi, dari batas negara sampai batas desa.

Namun sekarang tidak perlu khawatir. Badan Informasi Geospatial (BIG) telah menyediakan layanan download peta rupa bumi Indonesia (RBI) melalui situs INA Geoportal. Peta RBI yang dapat diunduh memilik skala 250 ribu, 50 ribu dan 25 ribu. Tentu saja tidak semua daerah di Indonesia memiliki data-data sesuai dengan skala tersebut. Hal ini mungkin akan terus dilengkapi oleh BIG. Tentunya kita sangat mendorong hal tersebut untuk mempercepat terwujudnya kebijakan satu peta (Indonesia One Map Policy).

Untuk mengunduh peta RBI tersebut cukup mudah. Kita hanya perlu mengisikan Nama, email, jenis data RBI, jenis pengguna dan terakhir tentu saja kita harus menyetujui ketentuan undang-undang yang berlaku. (Gambar 1)
Gambar 1. Halaman isi data untuk unduh peta RBI
Selanjutnya kita memilih wilayah yang akan diunduh menggunakan tool polygon, freehand dan rectangle. Layer-layer yang akan diunduh dapat juga dipilih. Selanjutnya kita menentukan format datanya bisa berupa shapefile (shp), geodatabase(gdb). Autocad (dxf, dwg) dan Bentley Microstation Design (dgn).Terakhir klik tombol Proses Data (Gambar 2) dan tunggulah sampai datanya ter-unduh.
Gambar 2. Halaman memilih area dan layer peta RBI
Untuk sumber-sumber data spasial lain yang dapat di download secara gratis (open geodata), seperti data curah hujan, tutupan lahan, ketinggian, jenis tanah dan lain-lain dapat dilihat pada tulisan berikut sumber open geodata yang wajib diketahui 



Related Posts
Disqus Comments